Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Thursday, September 29, 2011

Khasiat Jamur Merang bagi kesehatan


9:47 AM | ,

Jamur merupakan salah satu bahan pangan yang mempunyai nilai gizi yang tinggi non kolesterol. Dalam budidayanya, jamur di budidayakan dengan di tanam dengan temperatur dan kelembaban yang terkontrol.
Jamur Merang atau banyak yang mengenal dengan jamur kancing yang memang bentuknya seperti kancing banyak mengandung manfaat / khasiatnya. Jamur merang sudah banyak di jual di pasar swalayan atau supermarket. 

Dari berbagai sumber yang saya dapat, Jamur  kaya akan protein. Bahkan dari penelitian dari para ahli jamur sebagai makanan anti kolesterol dan bahkan bisa mencegah kanker.

Dari hasil penelitian Departemen Sain, Kementerian Industri Thailand, jamur tiram (Oyster mushroom) mempunyai kandungan: protein 5,94 persen, karbohidrat 50,59 persen, serat 1,56 persen, lemak 0,17 persen, abu 1,14 persen. Per 100 gram jamur tiram segar, mengandung 45,65 kalori, 8,9 miligram (mg) kalsium, 1,9 mg besi, 17,0 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B-1, 0,75 mg vitamin B-2, dan 12,40 mg Vitamin C. Jamur juga mengandung folic acid yang cukup tinggi, konon mampu menyembuhkan anemia.

Sebagai perbandingan, tempe yang terbuat dari kedelai yang kaya serat dan juga sebagai sumber berbagai nutrien seperti calsium, Vitamin B, dan besi, mempunyai kandungan sebagai berikut: kalori 204, protein 17 gram, lemak 8 gram, karbohidrat 15 gram, calium 80 mg, Fe (Besi) 2 mg, dan Zn 0,2 mg.


Di bandingkan dengan daging ayam yang kandungan proteinnya 18,2 gram, lemaknya 25,0 gram, namun karbohidratnya 0,0 gram dan Vitamin C-nya juga 0,0 gram. Maka kandungan gizi jamur lebih komplet dan kemungkinan bisa menjadi bahan pangan masa depan.

Jamur Merang juga merupakan sumber dari berbagai macam enzim terutama tripsin yang berperan penting untuk membantu proses pencernaan. Jamur Merang dapat juga di gunakansebagai pelindung, karena kandungan vitamin B - kompleksnya yang termasuk riboflavin serta memiliki asam amino esensial yang cukup lengkap.

Dari penjelasan di atas maka jamur pada umumnya dan jamur merang pada khususnya mempunyai kandungan gizi yang komplet dan baik bila di konsumsi.

Biasanya orang yang mengkonsumsi jamur bukan hanya karena rasanya yang lumayan lezat, akan tetapi bisa juga di karenakan akan manfaat dari kandungan gizi yang terkandung dalam jamur itu sendiri. Faktor khasiat dan manfaat inilah yang faktor orang pada mengkonsumsi jamur. Dimana guna untukmenjaga kesehatan tubuh dan hal lain yang berkaitan dengan vitalitas. Tidaklah mengherankan jika berbagai jenis jamur kini menjadi bagian dari menu favorit di sejumlah rumah makan.




 sumber :
  1. sitekno.com
  2. kaltim.litbang.deptan.go.id
  3. myz0ne.wordpress.com


You Might Also Like :


7 comments:

BRI Jakarta Veteran said...

wah baru tahu sahabat bila jamur merang sangat berkhasiat sekali, thanks atas infonya.

tips,info,article, and download said...

@BRI Jakarta Veteran : ya begitulah bang ... sekalian promosi ne hihihi ...

Rahasia Suami Betah Dirumah said...

Benarkah itu? tapi info yang bagus, perlu dicoba

tips,info,article, and download said...

@Rahasia Suami Betah Dirumah : saya sendiri juga mengkonsumsinya, untuk informasinya saya telah mendapat dari berbagai sumber yang telah saya sebutkan dalam artikel, paling tidak jamur bisa di gunakan sebagai bahan pangan alternatif yang tinggi proteinnya

safru said...

Wah main kesini jadi tahu khasiat jamur merang nich

Unknown said...

Very nice and informative article here. That helped me a lot. I would like to share with you a great service to merge some files online. I just merged 3 PDF files with an online software. I used Alto-Merge also here http://www.pdffiller.com/ and it's very easy to use.

dewi said...

khasiat yang paling penting ketika bermain bandar ceme keliling di http://dewakartu168.com/ adalah kemenangan yang cukup cepat serta terjaminnya winrate di atas rata-rata

Post a Comment