Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Wednesday, March 23, 2011

Buah Belimbing, kandungan dan khasiatnya ( Star Fruit )


10:13 AM |

Segarnya buah belimbing apalagi bila di buat untuk rujak manis alangkah manisnya. Namun di balik segarnya buah belimbing yang di kenal dengan star fruit banyak mengandung manfaat bagi kesehatan bagi tubuh kita bahkan paling tidak sebagai obat.


Buah Belimbing berasal dari India atau Sailan (Srilanka). Selain di Indonesia, budi daya belimbing juga dilakukan di negara – negara kawasan Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand dan Filipina. Bahkan Amerika dan Australia yang beriklim sub tropis pun sudah dirambah belimbing.
Bentuk buahnya yang unik dengan rasa manis dan bisa diolah menjadi beragam sajian, belimbing dapat dibedakan menjadi 2 macam. Yang rasanya manis dengan bentuk bintang dikenal sebagai belimbing manis (Averrhoa Carambola) sedangkan jenis kedua adalah belimbing sayur atau belimbing uluh (Averrhoa bilim) yang rasanya asam.

Kandungan Gizi
Buah belimbing mempunyai kandungan gizi cukup tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram buah belimbing yang matang mengandung :
* Energi :  35 kal
* Protein :  50 gram
*  Lemak :  70 gram
*  Karbohidrat : 7,70 gram
*  Kalsium :  8 mg
*  Serat :  0,90 gram
*  Vitamin A : 18 RE
*  Vitamin C : 33 Mg
*  Niacin : 0,40 gram

Khasiat
Buah belimbing matang yang terkenal dengan rasa manis ini berkhasiat untuk meredakan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, kolesterol, batuk, radang tenggorokan dan demam. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga dipercaya sebagai obat kanker.
Bunga buah belimbing yang berwarna keunguan dipercaya berkhasiat untuk mengobati penyakit malaria. Daunnya yang rimbun berkhasiat untuk mengobati sakit maag, melancarkan air seni, hipertensi dan penyakit bisul.
Bahkan akar tanaman belimbing dapat mengobati penyakit rematik. Manfaat yang bisa kita peroleh, selain untuk kesehatan, enak dikonsumsi sebagai buah segar dan dapat juga dimanfaatkan sebagai tanaman pekarangan

Di samping itu pula Khasiat buah belimbing untuk kesehatan diantaranya:
Sebagai obat darah tinggi dengan secara kontinyu mengonsumsi buah belimbing atau meminum sari buahnya.
Untuk mengobati penyakit gondong. Gondong adalah penyakit infeksi virus menular yang akut. Gejala gondong berupa terjadinya pembengkakan atau peradangan pada kelenjar air liur. Ramuan untuk gondong sebagai berikut: potong-potong buah belimbing menjadi beberapa bagian. Kemudian tumbuk sampai halus. Tumbukan buah belimbing tersebut tempelkan pada kelenjar yang membengkak selama 30 menit dan lakukan 3 kali sehari. Akan lebih baik bila yang digunakan adalah belimbing wuluh.

Untuk pertolongan pertama penderita cacar, dengan menumbuk daun belimbing hingga halus untuk diambil airnya. Sari buah belimbing ini, dibubuhkan pada bagian tubuh yang sakit cacar untuk menghilangkan rasa gatal-gatal. Pengobatan cara ini dilakukan sehari sekali sampai tampak sembuh tanpa melakukan gosokan-gosokan pada kulit sekalipun gatal.

Untuk wasir, dapat diobati dengan ramuan sebagai berikut: rebuslah daun belimbing wuluh yang telah dirajang dengan perbandingan 3 mangkuk daun dalam 8 liter air selama 30 menit. Kemudian air rebusan tersebut digunakan untuk duduk berendam penderita wasir selam masih hangat.

Sakit demam, dapat dicoba pengobatan tradisional dengan daun belimbing. Rebuslah cincangan daun belimbing segar sebanyak 2 mangkuk dalam 2 liter air selama 10 menit. Air rebusan tadi didinginkan dan disaring untuk digunakan sebagai kompres dingin pada penderita sakit demam.

Buah belimbing yang sudah matang, selain berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi, berguna juga untuk menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker, menyembuhan sariawan, dan memperlancar pencernaan.

Dengan aneka manfaat belimbing seperti di atas, kita bisa menjadikan buah belimbing sebagai menu harian buah kita tentunya! Untuk mendapatkannya pun amat mudah. Pedagang buah di pasar tradisional maupun swalayan menyediakan buah berbentuk bintang ini.

Bagi penderita Tekanan darah Tinggi bisa menggunakan beberapa resep dari buah belimbing ini : Caranya adalah ambil satu buah belimbing yang hampir matang, bersihkan, parut dan parutan tersebut diperas hingga satu gelas airnya. Cobalah resep ini selama satu bulan dan rasakan khasiatnya. Jika sudah melewati satu bulan dan sudah merasa bosan dengan air perasan belimbing, cobalah mengkonsumsinya dengan memakan dua hari sekali dan tidak usah diparut lagi niscaya tensi darah tidak bakal naik pasti akan tetap normal

Sumber :
http://masenchipz.com
http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/1822860
 


You Might Also Like :


1 comments:

Dewi TLL said...

Buah belimbing ternyata dapat untuk menyembuhkan kolesterol dan darah tinggi.

Post a Comment