Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Friday, March 18, 2011

Seledri berguna bagi Hipertensi (Apium graveolens L)


5:28 AM |

Siapa yang tak kenal seledri yang tidak asing di masyarakat, daun jenis bumbu-bumbuan yang biasa ditambahkan pada sop, soto atau bakso. Selain menambah aroma sedap masakan, ternyata daun ini juga memiliki khasiat membantu pengobatan tekanan darah tinggi. Hal itu diungkapkan Dra. Aty Widyawaruyanti, MSI, Apt, Dosen Bagian Ilmu Bahan Alam Farmasi Unair.

Dikatakan Dra. Aty, seledri sangat baik untuk penderita Hipertensi, tetapi jangan dicampur dengan obat medis karena  bisa memunculkan zat yang baru dalam tubuh. Seledri, lanjut Dra. Aty, mengandung pthalides dan magnesium yang baik untuk membantu melemaskan otot-otot sekitar pembuluh darah arteri dan membantu menormalkan penyempitan pembuluh darah arteri. Pthalides dapat mereduksi hormon stres yang dapat meningkatkan darah. Sebuah penelitian membuktikan pthalides dapat mereduksi tekanan pembuluh darah hingga 12-14 %.

Masyarakat Cina tradisional sudah lama menggunakan seledri untuk menurunkan tekanan darah. Karena seledri juga mengandung apigenin yang sangat bermanfaat untuk mencegah penyempitan pembuluh darah dan tekanan darah tinggi. Selain itu, seledri juga mengandung gizi tinggi, vitamin A,B1, B2, B6 dan juga vitamin C. Seledri juga kaya pasokan kalium, asam folic, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, sodium dan banyak mengandung asam amino esensial.

Pada pasokan kalium sangat bermanfaat untuk terapi darah tinggi. Pada 100 g seledri terkandung 344 mg kalium dan 125 mg natrium. Konsumsi makanan dengan perbandingan kalium dan natrium yang mencapai 3:1 sangat baik bagi penderita darah tinggi. Pada seledri perbandingan tersebut mencapai 2,75:1 sudah sangat mendekati rasio ideal untuk pencegahan Hipertensi.

Seledri juga mengandung coumarins untuk mencegah terbentuknya radikal bebas. Coumarins juga dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih dan imunitas tubuh. Ada sekitar 156 komponen yang telah berhasil diidentifikasi dari seledri. Golongan utamanya adalah monoterpen, alkohol alifatik, komponen karbonil, fenol, epoksida aromatik, dan turunan pthalide. Senyawa utama yang terdapat pada seledri adalah limonen. Seluruh bagian tanaman seledri mengandung pro vitamin A, B dan C.
Seledri mengandung komponen gizi yang cukup baik. Kandungan vitamin K dan vitamin C pada seledri termasuk kategori excellent. Setiap 100 gram seledri memberikan kontribusi sebesar 44,1 persen dan 14 persen dari angka kecukupan vitamin K dan vitamin C per hari. Seledri juga termasuk ke dalam kategori terbaik sebagai sumber kalium, folat, serat pangan, molibdenum, mangan, dan vitamin B6. Sementara kategori good diberikan kepada seledri sebagai sumber kalsium, vitamin B1, magnesium, vitamin A, triptofan, fosfor, vitamin B2, dan besi.

Berbagai kandungan seledri tersebut maka konsumsi seledri dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita Hipertensi. Cara konsumsinya pun bisa berbagai macam sesuai selera agar anda tak bosan.
  1. Konsumsi penuh dengan membuat jus seledri, campur dengan buah-buahan segar. Contohnya campurkan 250 g seledri segar dengan 2 buah apel hijau segar. Sebelum di jus seledri rebus terlebih dahulu lalu campur dengan apel blender hingga halus. Siap untuk dikonsumsi. Minum dua hari sekali untuk penderita Hipertensi.
  2. Selain apel gunakan buah belimbing wuluh. Caranya sangat mudah campur 100 g belimbing wuluh dan 100 g seledri batang blender jadi satu. Tambahkan air dan es, jika anda ingin manis tambahkan madu. Ini sangat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  3. Kedisiplinan konsumsi terkadang membuat seseorang merasa berat untuk melakukannya. Jika hal ini sulit maka campurkan dalam masakan anda. Pagi hari jika anda masak nasi goreng untuk sarapan berikan seledri. Pada makan siang pilihlah makanan yang ada seledri untuk penyedapnya tambahkan lebih banyak seledri pada makanan yang anda konsumsi seperti soto, bakso, sup. Pada malam hari jika anda makan bubur ayam tambahkan lebih banyak seledri agar anda tak bosan memakannya. Karena seledri sangat baik efek hipotensifnya.
  4. Imbangi dengan olahraga sesuai dengan kebutuhan anda dan minum air putih juga sesuai dengan kebutuhan tubuh anda.
Salah satu cara dalam mengkonsumsi seledri untuk hipertensi :

  • Segenggam daun seledri (tanpa batang) ditumbuk halus
  • Campurkan dengan sekitar 150 ml air matang
  • Lalu saring
  • Minum air saringan setiap pagi sebelum sarapan selama 2 minggu
Sumber :

http://www.surabaya-ehealth.org/dtips

http://www.101info.net


You Might Also Like :


0 comments:

Post a Comment