Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Tuesday, December 21, 2010

Kandungan dan Khasiat Bawang Putih


3:40 AM |

Kandungan dan Khasiat Bawang Putih

Mungkin selama ini kita tahu bahwa bawang putih hanya berguna untuk masakan di dapur. Ataupun sebagai senjata untuk membunuh dracula atau vampire di film-film besutan hollywood yang belum jelas fakta kebenarannya tersebut.Ternyata banyak khasiat dan kandungan dari bawang putih yang sangat berguna bagi tubuh kita.


A. Sekilas Tentang Bawang Putih
Bawang putih (Allium sativum) adalah herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Tanaman ini banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Batangnya batang semu dan berwarna hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung, bergabung menjadi umbi besar berwarna putih. Tiap siung terbungkus kulit tipis dan kalau diiris baunya sangat tajam. Daunnya berbentuk pita (pipih memanjang), tepi rata, ujung runcing, beralur, panjang 60 cm dan lebar 1,5 cm. Berakar serabut. Bunganya berwarna putih, bertangkai panjang dan bentuknya payung.

B. Klasifikasi Bawang Putih

Klasifikasi bawang putih, yaitu :
  • Divisio       : Spermatophyta
  • Sub divisio : Angiospermae
  • Kelas         : Monocotyledonae
  • Bangsa       : Liliales
  • Suku          : Liliaceae
  • Marga        : Allium
  • Jenis           : Allium sativum

Nama umum : bawang putih

Nama daerah :
Sumatera : bawang putih (Melayu), lasun (Aceh), dasun (Minangkabau), lasuna (Batak), bacong landak (Lampung).
Jawa : bawang bodas (Sunda), bawang (Jawa), babang pole (Madura).
Kalimantan : bawang kasihong (Dayak).
Sulawesi : lasuna kebo (Makasar), lasuna pote (Bugis), pia moputi (Gorontalo).
Nusa Tenggara : Incuna.

C. Kandungan Kimia dan Sifat Kimiawi Bawang Putih

Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol. Daya ini mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain.
Umbi batang mengandung zat-zat:
  1.  Kalsium : bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi.
  2.  Saltivine : bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf.
  3.  Diallysulfide, alilpropil-disulfida : anti cacing.
  4.  Belerang
  5.  Protein
  6.  Lemak
  7.  Fosfor
  8.  Besi
  9. Vitamin A, B1 dan C.

D. Manfaat Bawang Putih

Bawang putih dapat digunakan untuk pengobatan alternatif sebagai berikut :
a. Bawang putih Flu dan Batuk.
Kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Pada tahun 1992, peneliti dari Universitas Brigham Young di Utah melaporkan bahwa bawang tumbuk dalam minyak membunuh bukan hanya membunuh rhinivirus tipe 2 (penyebab umun flu), tetapi juga membunuh 2 macam herpes (penyakit kulit menular) dan beberapa virus umum lainnya.
Bagaimana cara memanfaatkannya? Makanlah bawang putih sebanyak-banyaknya segera setelah anda merasa sakit atau tambahkan bawang putih pada masakan. Anda juga dapat membuat obat batuk dengan resep ini : Hancurkan bawang dan masukan ke dalam susu dingin di dalam panci, lalu panaskan sekitar 1-2 menit, dan minum hangat-hangat.
b. Bawang Putih dan Kolesterol
Sekarang ada lebih dari 12 studi yang dipublikasikan di seluruh dunia yang memastikan bahwa bawang putih dalam berbagai bentuk dapat menurunkan kolesterol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bawang ini dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung. Salah satu studi yang dipublikasikan di “The Journal of The Royal College of Physicians” oleh Silagy CS dan Neil HAW tahun 1994 menyebutkan bahwa bawang putih merupakan agen untuk mengurangi lemak. Penulis menyatakan bahwa suplemen bawang merupakan bagian terpenting dalam penyembuhan kolesterol tinggi. Menurutnya, secara keseluruhan, penurunan terjadi sebesar 12 % dari total kolesterol. Penurunan ini terjadi setelah 4 minggu perawatan.
c. Bawang Putih dan Kanker
Bawang juga mempunyai kandungan untuk memerangi kanker, terutama kanker perut dan usus besar. Organosulfida yang terkandung dalam bawang putih membantu hati memproses senyawa kimia beracun, termasuk senyawa kimia yang menyebabkan kanker beberapa penelitian epidemiologis menunjukan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi bawang putih lebih rendah resikonya terkena kanker perut dan usus besar. Untuk memastikan bahwa anda akan mendapatkan hasil yang maksimal, peneliti dari Penn State Unipersity merekomendasikan untuk membiarkan dulu potongan atau tumbukan bawang selama paling sedikit 10 menit, memberi waktu bawang itu membentuk kandungan-kandungan yang membantu memerangi kanker.
d. Bawang Putih dan Kehamilan
Riset terbaru menunjukkan bahwa menkonsumsi bawang putih selama kehamilan mengurangi resiko komplikasi kehamilan pre-eclampsia (meningkatkan tekanan darah kandungan protein dalam urine). Studi–studi juga mengungkapkan bahwa bawang putih juga membantu menaikkan lambatnya berat badan bayi yang terlalu kecil. Riset dilakukan oleh Dr. D. Sooranna, Ms J. Hirani dan Dr. I Das di Academic Department of Obsterrics dan Gynaecology, Chelsea dan Westminster Hospital in London UK. Mereka menyimpulkan bahwa walaupun pre-eclampsia dan kelambatan pertumbuhan merupakan kondisi yang kompleks, mengkonsumsi tablet bawang putih secara standar selama masa kehamilan dapat mengurangi kemungkinan–kemungkinan komplikasi pada kelahiran. Mereka memfokuskan pada kelambatan pertumbuhan pada bayi dan pre-eclampsia, kondisi yang sangat berbahaya bagi ibu dan anak yang terjadi pada kira–kira satu diantara sepuluh kehamilan.
Eksperimen menunjukkan bahwa menambahkan ekstrak bawang putih pada sel–sel plaasenta yang kemungkinan menderita kondisi–kondisi tersebut terbukti dapat menstimulasi pertumbuhan. Lebih jauh lagi, kegiatan enzim–enzim penting yang berkurang pada kehamilan tidak normal juga sangat meningkat dengan diberikannya bawang putih.
e. Sebagai Penyembuh Wasir
Pertama bersihkan dulu daerah anus dan sekitarnya dengan air hangat dan sabun, oleskan jus/beberapa siung bawang putih yang sudah dimemarkan sebanyak 3-5 kali pada anus yang telah dibersihkan, tunggu beberapa menit lalu bersihkan.
f. Meningkatkan Stamina
Setelah dikaji secara mendalam, ternyata bawang putih dapat menjadi sumber stamina dan kekuatan fisik yang tinggi. Walaupun sebelumnya mereka jarang sekali sakit, tiba-tiba mereka mudah terserang flu, orang – orang seperti inilah yang terutama membutuhkan daya pembangun stamina yang terdapat di bawang putih. Orang-orang yang mudah lelah seharusnya menambah stamina mereka dengan makan sedikit bawang putih setiap hari dalam jangka waktu yang lama. Caranya, bisa kita campurkan dalam olahan masakan kita dan menelannya.
g. Mengontrol Gejala Diabetes
Diabetes mellitus adalah suatu penyakit bawaan yang ditandai oleh tak cukupnya insulin di dalam tubuh, sebagai akibat kelebihan gula di dalam darah dan urine, serta kelaparan yang hebat dan kehausan. Penderitanya selalu ingin makan yang manis-manis, dan walaupun ia suka makan yang manis-manis dan makanan lainnya, berat badan cenderung berkurang. Gejala utamanya, menurunnya daya tahan tubuh terhadap kuman dan bakteri gangguan kulit serta berkurangnya gairah seksual, penyakit usus dan pembuluh darah. Penggunaan bawang putih secara bijaksana dalam diet merupakan salah satu cara mendapatkan manfaat terbesar dari makanan yang dimakan dengan demikian menyumbang pada kondisi tubuh yang baik.

E. Pengaruh Pemakaian Bawang Putih

Akibat mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak membuat napas kita menjadi bau, untuk menghilangjkannya kita dapat melakukan cara –cara berikut ini :
1. Meminum air teh kental atau kopi setelah mengkonsunsi bawang putih
2. Memakan kulit limau dengan cara dikunyah
3. Mengimbangi dengan makanan yang terbuat dari protein, hati, dan telor
4. Menggunakan bawang putih dengan cara direbus terlebih dahulu atau dijadikan acar
Dalam mengkonsumsi bawang putih sebaiknya tidak dimakan mentah, karena dapat mengganggu lambung. Oleh karena itu dianjurkan agar bawang putih terlebih dahulu direbus, digoreng, atau dipanggang dulu sebelum makan. Tetapi bawang putih tidak boleh digunakan dalam bentuk apapun sewaktu terdapat serangan penyakit di bagian perut dan usus besar.


 GARLIC


Maybe all this we know that garlic is only useful for cooking in the kitchen. Or as a weapon to kill dracula or vampire in the movies made by Hollywood that has not been clearly true facts tersebut.Ternyata many benefits and content of garlic is very useful for our body.

A. About Garlic 

Garlic (Allium sativum) is an annual herb that has berumpun height of about 60 cm. This plant is widely planted in the fields in mountain areas receive enough sunshine. Pseudo stems and stalks green. Bersiung bottom-cloves, joining a large white bulbs. Each leather wrapped cloves sliced thin and if it smells very sharp. Ribbon-shaped leaves (flat aft), flat edge, pointed tip, grooved, length 60 cm and 1.5 cm wide. Rooted fibers. The flowers are white, long-stemmed and its umbrella.
 

B. Classification Garlic
Classification of garlic, namely: 

  • Divisio        : Spermatophyta 
  • Sub divisio  : Angiospermae 
  • Class          : Monocotyledonae 
  • Nation        : Liliales 
  • Tribe          : Liliaceae 
  • Marga        : Allium 
  • Type          : Allium sativum 

Common name: garlic 
Local name:Sumatra: garlic (Malay), lasun (Aceh), garlic (Minangkabau), lasuna (Batak), bacong hedgehog (Lampung).Java: onion Bodas (Sunda), onions (Java), gaping pole (Madura).Borneo: onion kasihong (Dayak).Sulawesi: lasuna kebo (Napier), lasuna Pote (Bugis), pia moputi (Gorontalo).Nusa Tenggara: Incuna.
 

C. Content of Chemistry and Chemical Properties of Garlic
Garlic contains volatile oil, which is anti bacterial and antiseptic. The content of allicin and aliin associated with anti-cholesterol power. This power to prevent coronary heart disease, high blood pressure and others.  
Stem tuber contains substances:1. Calcium: is calm making it suitable for the prevention of hypertension.2. Saltivine: could accelerate the growth of cells and tissues and stimulates nerve cell structure.3. Diallysulfide, alilpropil-disulfide: anti-worm.4. Sulfur5. Protein6. Fat7. Phosphorus8. Iron9. Vitamins A, B1 and C. 

D. Benefits of Garlic
 Garlic can be used for alternative medicine as follows: 
a. Garlic Flu and Cough. 
The content of sulfur contained in garlic make it a distinctive smell and taste that can enhance and accelerate the activities of mucous membranes in the respiratory tract, which helps relieve compression and mucus. Raw Garlic contains phytochemicals that may help kill bacteria and viruses that cause disease. In 1992, researchers from Brigham Young University in Utah reported that crushed garlic in oil to kill not only kill rhinivirus type 2 (umun cause flu), but also kill the 2 types of herpes (infectious skin disease) and some other common viruses.How do I use it? Eat as much garlic as soon as you feel sick or add garlic to the dish. You can also make a cough medicine with this recipe: Mash garlic and input into the cold milk in a saucepan, then heat about 1-2 minutes, and drink warm. 
b. Garlic and Cholesterol 
Now there are more than 12 studies published worldwide that ensure that the garlic in various forms can reduce cholesterol. Therefore, it can be concluded that garlic can cure high blood pressure, heart disease. One study, published in "The Journal of The Royal College of Physicians" by Silagy and Neil HAW CS in 1994 mentioned that garlic is an agent for reducing fat. The authors state that garlic supplements is an important part in healing high cholesterol. According to him, overall, a decrease of 12% of total cholesterol. This decrease occurred after 4 weeks of treatment.
c. Garlic and Cancer 
Onions also have content to fight cancer, particularly stomach and colon cancer. Organosulfida contained in garlic help the liver process the toxic chemical compounds, including chemical compounds that cause cancer of some epidemiological studies show that people who consume lots of garlic lower risk of stomach cancer and colon. To ensure that you will get maximum results, researchers from Penn State Unipersity recommend to let the first piece of onion or a collision for at least 10 minutes, give it time to form onion-content compounds that help fight cancer. 
d. Garlic and Pregnancy
Recent research shows that consuming garlic during pregnancy reduces the risk of pregnancy complication pre-eclampsia (increased blood pressure protein in the urine). The studies also revealed that garlic also help boost weight than babies who are too small. Research conducted by Dr. D. Sooranna, Ms. J. Hirani and Dr. I Das in the Academic Department of Obsterrics and Gynaecology, Chelsea and Westminster Hospital in London UK. They concluded that although pre-eclampsia and growth retardation is a complex condition, consuming garlic in a standard tablet during pregnancy can reduce the possibilities of complications at birth. They focus on growth retardation in infants and pre-eclampsia, a condition which is very dangerous for mother and child that occurs in approximately one in ten pregnancies.Experiments showed that adding extracts of garlic to cells plaasenta are likely to suffer from those conditions shown to stimulate growth. Furthermore, the activities of important enzymes are reduced in abnormal pregnancies is also greatly improved with the given garlic. 
e. As a Healer Hemorrhoid 
First used to clean the anus and the surrounding area with warm water and soap, apply the juice / some garlic cloves that have been crushed as much as 3-5 times in the anus that has been cleaned up, wait a few minutes and then cleaned. 
f. Increase Stamina 
Having studied in depth, it turns out garlic can be a source of stamina and physical strength are high. Although previously they rarely got sick, they are suddenly susceptible to the flu, people - especially people like these that require stamina builder power contained in garlic. The people who tire easily should increase their stamina by eating a little garlic each day in the long term. How, can we mix in the preparation of our cuisine and swallow. 
g. Controlling Diabetes Symptoms 
Diabetes mellitus is an inherited disease characterized by not enough insulin in the body, as a result of excess sugar in the blood and urine, as well as a great hunger and thirst. Sufferers always want to eat sweets, and although he likes to eat sweets and other food, body weight tended to decrease. The main symptoms, decreased resistance to germs and bacterial skin disorders and decreased sexual desire, intestine and blood vessel disease. Use it wisely garlic in the diet is one way to get the greatest benefit from the food eaten thus contributes to good body condition.
 

E. Effect of Garlic Consumption
As a result of consuming too much garlic makes us a sweet breath, to eliminate them we can perform the following ways:: 
1. Drinking water of strong tea or coffee after mengkonsunsi garlic 
2. Eat the skin by chewing lime 
3. Keep up with food that is made from protein, liver, and eggs
4. Using garlic in advance by boiling or made into picklesIn consuming garlic should not be eaten raw, because it can interfere with the stomach. It is therefore recommended for first garlic boiled, fried, or grilled before eating. But garlic may not be used in any form when there is a disease outbreak in the stomach and colon.


sumber: forumsains.com


You Might Also Like :


0 comments:

Post a Comment